Rabu, 11 Maret 2015

Semangka ???


Khasiat Semangka
Semangka

Semangka (Citrullus Lanatus) atau biasa juga dipanggil dengan tembikai merupakan tanaman yang berasal dari afrika selatan. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman merambat yang satu keluarga dengan labu - labuan dan termasuk pada suku ketimun. Rambatan semangka ini bisa sampai belasan meter lohh dadn seberapapun jauhnya tanaman ini merambat dia tidak akan membentuk akar yang adventif. Sekain itu buah ini juga tidak akan merambat memanjat ke atas, gak kebayangkan kalau semangka yang segitu gedenya kalau rambatannya tumbuh keatas kaya anggur.

Jenis Semangka

1. Semangka Lokal
Memang semangka itu bukan asli dari indonesia namun telah dibudidayakan sudah lama sekali. Sehingga semangka tersebut sudah berubah sifat - sifatnya dan pertumbuhannya diadaptasikan dengan lingkungan setempat. Sayangnya semangka lokal ini memiliki kekurangan yaitu bijinya yang banyak dan rasanya yang kurang manis. Contoh jenis semangka lokal antara lain :
  • Semangka Bojonegoro
  • Semangka Hitam dari Pasuruan
  • Semangka Sengkaling dari Malang
2. Semangka Introduksi
Kalau yang ini benih semangkanya berasal dari luar negri. Pada umumnya semangka introduksi ini daya adaptasi dan daya tahan terhadap penyakitnya lebih unggul dari pada pada semangka lokal. Makanya semangka introduksi ini banyak sekali disebar dan di tanam diindonesia. Benih - benih semangkanya biasanya berasal dari jepang, amerika, Taiwan, Australia. Semangka - semangka itu dogolongkan menjadi beberapa jenis
  • Semangka Biasa, Varietasnya antara lain : Yamato (Buahnya Besar, Bulat, Kulitnya Hijau dan Dagingnya Merah), Sugar Suika (Buahnya Bulat, Bintik - bintik, Kulit Hijau Kekuningan, Dagingnya Merah dan Rasanya sangat Manis), Cream Suika (Buhnya Bulat, Kulit Hijau Muda Bergaris, Dagingnya berwarna kuning cream dan rasanya sangat manis).
  • Semangka Hibrida, Varietasnya antara lain : Sugar Baby (Buahnya bulat, kulit hijau tua, dagingnya berwarna merah namun mudah terkena penyakit), dan Charleston Gray (Buahnya semOblong, Kulitnya hijau kekuningan, Dagingnya merah dan manis kebal terhadap penyakit)
3. Semangka Hibrida Triploid
Kalau namem semangka ini enak banget soalnya semangka ini gak ada bijinya. Semangka ini disebut semangka triploid karena dihasilkan dari benih semangka jantan tetrapoloid (4n) dan betina diploid(2n) dan hasilnya jadi triploid kan ((4n+2n)/2=3n).

Kandungan Gizi Semangka

  • Semangka 92% Mengandung Air
  • Kaya akan Vitamin A Sekitar 590 IU
  • Mengandung Likopen yang Cukup Tinggi, yang berfungsi senagai antioksidan 
  • Vitamin C
  • Vitamin E

0 komentar:

Posting Komentar