Rabu, 11 Maret 2015

Jenis Madu


Manfaat madu untuk kesehatan
Madu

Jenis Madu

Jenis madu sangat banyak sekali tergantung dari lebah nya dan tergantung pula pada jenis nektar atau sari bunga apa yang dikumpulkan oleh silebah. Rasa madu yapun bukan hanya manis saja namun ada juga yang rasanya pahit, asam dan asin. Selain itu kekentalan madupun tergantung tempat lebah madu itu berada. Berikut ini beberapa jenis madu yang bisa kita ketahui :
  • Misalkan apa bila madu itu berada didaerah perkebunan apel maka madu tsb disebut madu apel, bila diperkebunan nanas disebut madu nanas. Jadi jenis madu tergantung pada bunga apa yang dihisap nektarnya.
  • Diindonesia terdapat maadu cengkih yang memiliki rasa yang paling enak dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Namun sayangnya jenis madu ini termasuk pada jenis yang cukup langka.
  • Jenis madu juga berbeda beda tergantung pada negara yang menghasilkannya. contohnya di kanada terdapat madu maple, dimalaysia terdapat madu hutan dll.
  • Diarab madu memiliki bentuk yang sangat kental karena tingkat kelembaban didaerah sana sagat rendah.
  • Untuk Madu pahit nektarnya berasal dari bunga mahoni atau bunga pahitan.
  • Madu asin berasal dari bunga jamblang
Pada intinya madu memiliki jenis sesuai dengan apa nektar yang dibawanya. Apabila nektarnya berasal dari salah satu tanaman yang dominan maka madu tsb disebut  Madu Monoflora dan apabila madu tersebut mengumpulkan nekat dari berbagai  jenis tanaman dan tidak ada tanaman yang lebih dominan maka madu tsb disebut  Madu Multiflora.

0 komentar:

Posting Komentar