Rabu, 25 Februari 2015

sekilas tentang berenang

Manfaat berenang bagi pria

1. Pengertian Berenang

Berenang adalah Kegiatan yang dilakukan ketika kita sedang berada didalam air, bisa berupa gerakan kecil yang dilakukan didalam air. Saat sedang berenang biasanya kita tidak memakai alat bantu apapun, namun kalau yang belum bisa berenag biasanya dibantu dengan alat seperti pelampung dll.
Berenang bukan hanya dianggap sebagai olah raga namun biasa juga dianggap sebagai sarana rekreasi. Bisasanya berenang dipakai ketika kita akan bergererak dalam air contohnya saja seperti melakukan olah raga air, mencari ikan, dll

2. Tempat Berenang

Kita bisa melakukan renang dimanapun kita berada asalkan disitu ada air, dan ada banyak lahan untuk kita bergerak didalamnya. Banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tempat untuk berenang antara lain
  • Danau
  • Laut
  • Sungai
  • Kolam Buatan dan Kolam Alami
  • dan masih banyak lagi

3. Gaya Renang

Nah saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa saja sih gaya yang biasa dilakukan saat kita berenang. ini dia beberapa gaya renang
  • Gaya Bebas, Yaitu melakukan posisi renang dengan badan menghadap kepermukaan air. Tangan dikedepankan dan diayuh secara berulang dan bergantian, dan kaki dicambukan pada air untuk mendorong badan agar bisa maju kearah yang diinginkan. Wajah juga menghadap pada air atau bahkan ditenggelamkan dan beberapa melakukan pengambilan nafas. Gaya ini biasanya gaya yang sering diajarkan terlebih dahulu sebelum gaya yang lainnya.
  • Gaya Dada, atau biasa kita sebut juga dengan gaya katak. yaitu, kaki menendang air kearah luar dan tangan lurus kedepan sambil mengayuh dengan cara menutup lalu membuka lebar.pokoknya sama seperti katak yang sedang berenang dalam air. Gaya dada ini sangat bermanfaat seskali untuk kita. Contoh manfaat berenang gaya dada adalah dapat melatih kekuatan dada serta pinggul kita, untuk cowo bisa memperlebarr bahu supaya terlihat lebih keren, dan bisa juga membantu mengencangkan otot- otot tubuh kita. Selain itu gaya dada ini termasuk  gaya yang disenangi oleh pemula.
  • Gaya Punggung, Yaitu melakukan gerakan renang dengan badan membelakangi air atau seperti kita tidur diatas air. tangan mengayuh secara bebas kearah belakang dan kaki mencambuk air, gerakannya hampir sama dengan gaya bebas hanya saja dilakukan secara terbalik.
  • Gaya Kupu - kupu,  yaitu gerakan yang dilakukan dengan cara membuka kedua belah tangan secara bersamaan kearah luar dan kediua kaki menghentahan air secara bersamaan juga. sama seperti putri duyung jadi kedua kaki gak berpisah. Tapi secara keselurah gerakan mirip sekali dengan kupi - kupu yang sedang terbang.

0 komentar:

Posting Komentar